Minggu, 19 Maret 2017

Bimbinglah Balita Anda untuk Mulai Makan Sendiri

Halo pembaca setia Bebas Ilmu, bagi pembaca yang sedang mempunyai anak yang masih kecil atau balita yang sedang lucu-lucunya, coba simak ulasan ini mudah-mudahan berguna untuk anda.

Bimbinglah Balita Anda untuk Mulai Makan Sendiri - Inetversal.com

Pada saat usia anak setahun adalah waktu yang sangat tepat untuk memulai mengajarkan anak makan sendiri. mungkin bisa dikatakan pada masa itu tangannya sudah mampu menggenggam dengan baik, sehingga Anda sudah dapat mengajarinya memegang sendok dan menyuap makanannya sendiri.

Stop memberi asupan susu sebelum makan


Bila waktu makan siang si kecil jam 12, maka hindari memberinya susu sejak satu jam sebelulmnya. Bila diantara waktu itu si kecil meminta susu, berikan air putih atau cemilan yang tidak terlalu mengenyangkan, misalnya buah-buahan dengan porsi yang tidak terlalu banyak.


Biasakan Makan menggunakan meja


Begitu si kecil dapat duduk sendiri, biasakan si kecil untuk duduk di bangku makannya saat waktu makan tiba. Bila perlu, ajak ia makan bersama di meja makan dengan orang dewasa lainnya. Pembiasaan ini akan memberinya kesadaran, bahwa bila ia ingin makan sebaiknya dilakukan di meja makan, dan memacu semangatnya untuk makan sendiri.


Jangan memberi makanan terlalu banyak


Jangan memberi porsi makan yang terlalu banyak pada si kecil. Berilah porsi makan yang sesuai dengan kemampuan perutnya, sebab jika ia sudah merasa kenyang tetapi nasi di piringnya masih banyak, maka sisa makanan tersebut hanya akan dijadikan mainan olehnya. alangkah baiknya beri porsi kecil namun sering, atau biarkan mereka minta nambah.


Hindari menyalakan TV saat makan


Secara umum anak tidak mampu duduk dengan tenang di satu tempat lebih dari 5 menit. usahakan untuk menghindari segala sesuatu hal yang bisa mengganggu konsentrasi makannya. Contohnya, jangan biarkan si kecil makan sambil menonton TV. Selain merusak kedisiplinan, bila terlalu asyik nonton biasanya si kecil akan lupa dengan makanannya.


Coba memberi alat makan yang lucu


Penampilan alat makan yang lucu dan menarik misalnya, piring atau sendok bergambar kartun binatang, yang dapat merangsang keinginan anak untuk makan sendiri. Apalagi jika di tambah dengan penyajian menu makanannya yang menarik.


Berikan alat makan yang sesuai


Berilah alat makan yang sesuai untuk anak yakni yang tidak terlalu berat dan besar. Jangan sampai anda lupa untuk mengawasinya saat makan sendiri, pastikan makanan yang ia ambil ia masukkan ke dalam mulut, bukan ketempat lain. Beri pengertian untuk tidak menyendok makanan terlalu banyak, sehingga mulut tidak terlalu penuh saat mengunyah makanan.



Demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat bagi anda, salam dari Bebas Ilmu.


EmoticonEmoticon