Minggu, 19 Maret 2017

Kunyit Untuk Kesehatan, Kecantikan Wajah dan Kulit

Kunyit merupakan salah satu rempah yang biasa dijadikan bumbu dapur. Hampir setiap masakan lezat dari Indonesia tidak luput dari kunyit sebagai bumbu. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, kunyit, yang memiliki nama latin Curcuma Domestica Val juga sering digunakan sebagai obat herbal dan bahan obat tradisional.

Kunyit Untuk Kesehatan, Kecantikan Wajah dan Kulit - Inetversal.com

Sebaliknya dalam beberapa tahun terakhir, produk kecantikan semakin luas menggunakan bahan dasar kunyit. Ini bukan karena kunyit adalah bermanfaat untuk kecantikan. Salah satunya adalah untuk melembutkan kulit dan menghilangkan bintik-bintik gelap pada wajah. 

Manfaat dan Khasiat Kunyit

Antioksidan dan fitonutrien dalam kunyit meningkatkan kesehatan anda secara keseluruhan. Hal ini membantu dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh anda sehingga membuat anda sehat. Kurkumin yang terkandung dalam kunyit juga dilengkapi dengan antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi, dan anti-glisemik. Sifat ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga mencegah beberapa penyakit, termasuk diabetes.
  • Kunyit mengurangi kemungkinan terkena kanker karena memiliki karakteristik anti-kanker. 
  • Kunyit bermanfaat menyembuhkan luka lebih cepat, sebagai antiseptik alami. 
  • Kunyit memberikan kontribusi dalam pertumbuhan sel dan meremajakan sel. Dengan cara ini, Anda dapat memperlambat proses penuaan. 
  • Kunyit dapat memainkan peran penting dalam mencegah leukemia. 
  • Dapat mendetoksifikasi racun berbahaya dan bahan kimia dari tubuh Anda. 
  • Rheumatoid dapat disembuhkan dengan kunyit karena mengandung anti-inflamasi.
  • Memasukkan kunyit dalam diet harian Anda mungkin membantu Anda meningkatkan tingkat kekebalan tubuh Anda. Selain itu juga menjaga Anda aman dari berbagai penyakit. 
  • Kunyit dapat menyembuhkan pigmentasi yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. 
  • Kunyit adalah rempah-rempah yang sangat ideal untuk Anda jika Anda ingin menurunkan berat badan, karena dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda, membantu Anda mengelola berat badan Anda efektif. 
  • Membantu melawan gangguan kulit, seperti eksim, psoriasis, ruam dan merah, juga meringankan bermanfaat stretch mark atau selulit.
  • Mencegah proses penuaan memiliki sifat antioksidan. 
  • Sebagai salah satu komponen yang membantu melembabkan dan mengurangi kekeringan. 

  • Memar menyembuhkan dan mencerahkan membakar bekas luka.
  • Bersihkan kulit, membuat kulit Anda bersinar, dan warna cerah. 
Mencegah infeksi 

Patogen seperti virus Coxsackie B4 dikatakan meningkatkan risiko diabetes tipe 1. Antiviral, anti-bakteri, dan antibiotik kunyit dapat mencegah infeksi ini akhirnya menyembuhkan dan mengendalikannya diabetes. 

Mengatur insulin 

Ini adalah salah satu peran kunyit terhadap diabetes. Pankreas memproduksi insulin dalam tubuh manusia, anti-glisemik dalam kunyit mengatur dan menyeimbangkan kadar insulin dan mencegah resistensi insulin dengan menurunkan trigliserida darah gula dalam tubuh. 

Mengurangi lemak 

Diabetes sering disertai dengan peningkatan berat badan. Selain itu, kelebihan berat badan adalah salah satu penyebab diabetes. Jadi, kunyit membantu mencegah diabetes dengan kontrol berat badan melalui konten kurkumin. Selain itu, kandungan kurkumin juga dapat menghilangkan dan mencegah bertambahnya lemak berbahaya dalam tubuh.

Cara Membuat Kunyit Herbal

Penggunaan obat kunyit dapat dilakukan dengan dua cara, bahwa pengobatan eksternal dan pengobatan internal. Untuk pengobatan dalam kunyit biasanya digunakan sebagai minuman atau sebagai ramuan. Untuk pengobatan luar, kunyit dapat diparut dan digunakan sebagai masker. Bisa juga dibuat salep dan ditempelkan bagian yang sakit.

Keputihan dengan Kunyit Mengobati 

Untuk keputihan, Anda dapat menggunakan dua kunyit, sebuah daun beluntas genggam, satu menangani buah asam, sepotong kelapa atau kelapa gula. Semua bahan dibawa ke mendidih dengan menggunakan satu liter air kemudian disaring. Minum gelas teratur sati hari. 

Untuk Pengobatan Dalam 

Untuk penggunaan internal saja, Anda dapat makan satu sendok teh bubuk kunyit. Bisa dicampur dengan susu atau gula. Tambahkan pada air hangat, aduk, dan minum secara teratur. Minum setiap hari dan melihat manfaat bagi kulit Anda. 

Bidang Medis 

Adapun penggunaan eksternal, Anda dapat membuat pasta kunyit dengan tepung kacang dan sedikit air. Oleskan pasta ini sebagai masker, diamkan selama 10 menit, lalu bilas. Lihat perbedaan pada kulit wajah Anda. 

Merangsang Keluarnya ASI

Secara khusus perempuan, untuk merangsang susu selama menyusui dapat menggunakan pupuk kunyit ditambahkan pada payudara. Dan masih banyak lagi cara pengobatan dengan kunyit.

Mengobati Koreng dan Gatal 

Masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan kunyit digiling dan dicampur dengan minyak, kemudian diterapkan masalah daerah. 



EmoticonEmoticon