Minggu, 19 Maret 2017

Bagaimana Cara Orang Tua Mengawasi Anak Di Tempat Keramaian, Jika Terjadi Penculikan

Halo pembaca setia Bebas Ilmu, Mungkin anda tidak pernah melihat penculikan anak, hanya mendengar berita dari televisi atau tempat lain, atau mungkin melihat dari film saja, Bebas ilmu kali ini menguutarakan bagaimana cara orang tua mengawasi anak di tempat keramaian, Penculikan Anak dikeramaian banyak terjadi, padahal Si anak pergi dengan orangtuanya. Kenapa ini terjadi? 

Bagaimana Cara Orang Tua Mengawasi Anak Di Tempat Keramaian, Jika Terjadi Penculikan - Inetversal.com

Selain kelalaian Orangtua, faktor lain adalah ketika Si anak tidak paham apa yang harus Ia lakukan, jika Ia tertinggal atau terpisah dengan orangtua atau keluarganya di mall atau ditenmpat keramaian lainnya.

Anak mulai mengerti dan memahami akan lingkungannya ketika Ia mulai menginjak usia 10 tahun atau kelas 4 Sekolah Dasar. Pada usia ini biasanya Ia sudah paham kemana harus berjalan  dan melakukan tindakan supaya Ia tidak hilang dan tidak terpisah dengan keluarganya dikeramaian.

Setiap Anak memiliki daya psikologis / kognitif secara bertahap sesuai usianya. Diusia 2 tahun, seorang Anak akan mulai mengamati, mempelajari lingkungan rumah dimana Ia tinggal, seperti dimana letak kamarnya, ruang tamu, kamar mandi dan dapur. Pada usia menginjak 3-4 tahun, Seorang Anak akan mulai mempelajari lingkungan tetangganya, Dan pada usia 5 tahun, Ia mempelajari lingkungan rumah ke sekolah, Dan memahami orang-orang dilingkungannya, seperti Orangtua, kakak, tante, teman dan yang lainnya.

Berikut adalah cara tepat orangtua mengawasi Anak dikeramaian dan memberikan pemahaman kepada Anak jika sedang berada di keramaian:

Berdiri ditempat yang mudah memantau anak, dengan posisi si Anak mudah terlihat oleh kita maka, Orangtua dan petugas keamanan akan lebih mudah untuk menemukan si Anak,
Kenali profesi petugas keamanan, Saat Ia tertinggal dan Kenakan baju yang mencolok, dengan baju yang mencolok bisa membantu Orangtua dan petugas keamanan untuk melihat dan mencarinya dari kejauhan.

Khusus bagi Anak yang mempunyai gangguan perkembangan psikologi / kognitif, Gunakan pakaian yang mencolok dengan tanda pengenal (name tag) dengan nama dan nomor telephone orangtua yang menempel dengan pakaiannya. Peran Orangtua untuk mengawasi dan menjaga Anaknya, seperti menggandeng atau berjalan di belakang Anak. Sangat disarankan untuk tidak menitipkan pengawasan kepada orang lain, karena orang lain akan beda rasa pedulinya
.
Penculikan Anak dikeramaian tentunya bisa dihindari jika Anak dibekali beberapa pelajaran dan pemahaman saat berada diluar rumah dan Orangtua memiliki perhatian yang ekstra dalam mengawasi Anaknya.

Demikian pembahasan kali ini, mudah-mudahan berguna untuk semua, salam hangat dari Bebas Ilmu.


EmoticonEmoticon